Ujian Hidup VS Ujian Nasional

Manakah yang lebih penting bagi anak-anak kita, lulus dari ujian hidup atau lulus dari ujian nasional (standardized tests)? Ted Dintersmith adalah seorang pemodal ventura yang sukses dan melihat fenomena yang menakutkan bahwa kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat semakin banyak pekerjaan yang dikerjakan manusia sudah bisa digantikan oleh robot atau mesin. Sudah pasti, akan semakin banyak sekali lulusan sekolah yang akan menganggur di masa mendatang.
Bila sekolah saat ini tidak mempersiapkan siswanya dengan baik, maka akan jadi seperti apa anak-anak di masa mendatang? Ted percaya bahwa tantangan lembaga-lembaga pendidikan saat ini adalah bagaimana mempersiapkan siswa untuk memiliki keterampilan-keterampilan hidup yang berguna (life skills) dan bukan mempersiapkan siswa untuk lulus Ujian Nasional dengan nilai yang baik. 
Lulus Ujian Nasional dengan nilai yang baik tidak menjamin keberhasilan seseorang di masa mendatang. Namun dengan memiliki berbagai keterampilan hidup yang cukup, setidaknya dapat membantu seseorang untuk bisa bertahan hidup dengan baik di masa mendatang.


Komentar

Postingan Populer